Informasi Kontes SEO Indonesia

Superterpercaya.com

Ukiran Kayu Khas Warga Gianyar Menjadi Buah Tangan Eksklusif Guna Pemikat Wisatawan Asing Yang Berkunjung

Gianyar sejak dulu dikenal sebagai salah satu daerah wisata di Pulau Dewata yang menghasilkan ragam kerajinan tangan eksotik dengan nilai seni cukup tinggi.

Salah satu diantaranya adalah kerajinan ukiran kayu tradisional yang memiliki tingkat reputasi bagus dan telah tersebar hingga ke mancanegara. Ukiran kayu asal Gianyar ini dikenal karena mengaplikasikan rancangan yang khas, terkesan etnis dengan detail ukiran yang unik, rapi, dan menggunakan jenis bahan baku berkualitas tinggi.

Ukiran Kayu Khas Warga Gianyar Menjadi Buah Tangan Eksklusif Guna Pemikat Wisatawan Asing Yang Berkunjung

Ukiran Kayu Khas Warga Gianyar Menjadi Buah Tangan Eksklusif Guna Pemikat Wisatawan Asing Yang Berkunjung

Sehingga tak mengherankan jika memiliki nilai jual yang mampu menembus pasaran souvenir dunia dan meraup keuntungan dalam jumlah besar di setiap tahunnya.

Baca Juga : Pengertian Social Signal

Kerajinan ukiran kayu yang berasal dari Gianyar merupakan souvenir pilihan seperti patung – patung khas ukiran warga Bali.

Pada proses pembuatan sebuah patung akan membutuhkan waktu sekitar 1 – 4 bulan yang melalui beberapa tahapan. Lamanya proses pengerjaan tergantung pada besar kecilnya patung atau pahatan yang dibuat, jenis kayu, dan mengaplikasikan berapa banyak detail ukiran dalam masing – masing patung atau ukiran yang disiapkan.

Selain itu, sentuhan akhir dari setiap seniman pematung turut serta memegang peranan penting guna terciptanya keindahan karya dan memiliki kekhasan tersendiri, dan juga lama pengerjaan pahatan atau ukiran patung dari tiap seniman disini sangat bervariasi.

Untuk sebuah patung kuda kayu suar / trembesi yang memiliki ketinggian rata – rata sekitar 2 meter dari permukaan tanah, dibutuhkan waktu pengerjaan hingga 3,5 bulan. Dari rentang waktu tersebut, proses pengerjaannya akan terbagi – bagi  lagi  dalam  beberapa tahapan dimulai dengan pembuatan pahatan kasar ( istilahnya bakalan ).

Tahap selanjutnya adalah pembuatan detail dengan pisau dan pahat kecil, selanjutnya tahap terakhir adalah penghalusan dengan amplas.

Adapun jeni kayu yang paling bagus diaplikasikan sebagai bahan baku membuat patung berukir khas Bali adalah yang umum digunakan oleh para perajin di Gianyar seperti kayu kokoh yang berasal dari Jawa dan Kalimantan atau kayu meranti, waru, sonokeling, ebony, dan bonggol jati yang berasal dari Bali dan luar pulau.

Bahan kayu dari Pulau Bali yang umum difungsikan untuk membuat ukiran kayu khas Bali adalah kayu panggal buaya (zanthoxyllum rhetsa) diambil pada bagian dalam yang berwarna putih bersih dan bentawas (wrightia pubescens R.Br) yang berusia tua dengan diameter kecil tapi berukuran panjang serta keras.

Sedangkan bahan kayu lainnya seperti albasia saat ini sudah jarang digunakan karena jenis kayu ini pada umumnya mempunyai tekstur agak lunak dan mudah sekali lapuk jika kurang dalam perawatan sehingga kurang bagus dimanfaatkan sebagai investasi jangka panjang apalagi untuk keperluan membuat benda – benda seni.

Harga jual dari kerajinan ukiran kayu khas Gianyar yang dipasarkan dibeberapa kawasan wisata di seluruh Pulau Bali saat ini sangat bervariasi, bergantung kepada siapa seniman yang mengerjakannya, detail ukiran, dan jenis bahan yang diaplikasikan.

Karya dari masing – masing seniman memiliki nilai ekonomi yang berbeda karena masing – masing kekhasan karya dari setiap seniman biasanya sulit ditiru oleh seniman lainnya.

Seperti detail ornamen yang diaplikasikan dalam masing – masing ukiran atau patung haruslah menonjolkan keunikan tersendiri dan terlihat etnis Bali yang khas serta memiliki tingkat kerumitan tersendiri yang berbeda dari setiap souvenir yang dijual, sehingga diharapkan akan mampu mempengaruhi harga jualnya.

Sementara, jenis bahan baku yang digunakan akan berpengaruh besar terhadap nilai setiap patung untuk jangka waktu yang panjang.

Nah, tak mengherankan apabila ukiran kayu khas warga Gianyar tersebut di atas menjadi buah tangan eksklusif guna pemikat wisatawan asing yang berkunjung ke Bali.

Dimana sejak dulu Pulau Bali memang terkenal sebagai salah satu daerah wisata dengan jumlah seniman ukir cukup banyak bahkan mendapatkan bantuan dari seniman luar pulau.

Baca Juga :

Ukiran kayu asal Gianyar sangat mudah dikenali pada gerai – gerai souvenir di seluruh kawasan wisata yang ada di Bali karena memiliki rancangan yang sangat khas yaitu berupa detail ukiran yang sangat rapi, kuat dan rata – rata mengaplikasikan jenis bahan baku yang berkualitas tinggi sehingga mudah laku dijual. Untuk mendapatkan salah satu diantaranya, silahkan anda berkunjung ke Pasar Seni Sukawati Gianyar.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat, semoga saja anda berminat !

Updated: November 27, 2018 — 9:22 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018