Informasi Kontes SEO Indonesia

Superterpercaya.com

Tugas Dan Fungsi HRD

Tugas Dan Fungsi HRD – Pada Manajemen Sumber Daya Manusia, secara garis besar wajib berfokus terhadap bagaimana cara untuk meningkatkan kinerja karyawan secara maksimum disesuaikan dengan posisi dan tugas mereka di dalam sebuah perusahaan.

Tugas Dan Fungsi HRD

Tugas Dan Fungsi HRD

Karena seperti diketahui bahwa di dalam sebuah organisasi biasanya terdiri atas banyak orang sehingga Manajemen Sumber Daya Manusia / HRD memiliki tugas dan fungsi untuk mengelola keahlian, memotivasi dan meningkatkan semangat kerja mereka guna mencapai kinerja terbaik dan memastikan bahwa mereka tetap mampu berkomitmen terhadap perusahaan. HRD berhubungan dengan manajemen karyawan / wati untuk sistem rekrutmen hingga memasuki masa pensiun.

Meskipun diketahui ada banyak sekali tugas dan fungsi HRD, berikut di bawah ini kami berikan 5 tugas dan fungsi pokok dari Manajemen Sumber Daya Manusia / HRD sebagai berikut :

1. Bertugas untuk merekrutmen dan melakukan pemilihan karyawan.

Rekrutmen yang dimaksud dalam hal ini adalah merupakan sebuah proses untuk mencari, mensortir, dan memilih karyawan yang berpotensial disesuaikan terhadap kualifikasi keperluan akan sebuah posisi tertentu kebetulan tersedia di dalam perusahaan yang dimaksud.

Tujuan dari proses ini dilakukan adalah untuk menarik dan mendorong kandidat yang berpotensi serta memberitahukan sebuah pengumuman terhadap pelamar kerja yang tidak sesuai kualifikasi terhadap lowongan yang tersedia.

Proses dalam rekrutmen dan seleksi karyawan / wati sangat penting untuk dilakukan guna kebutuhan masing – masing perusahaan karena akan menyebabkan pengurangan biaya – biaya kesalahan seperti secara kebetulan mendapatkan karyawan / wati yang mempunyai kemampuan buruk, kurang termotivasi, dan kualifikasi rendah.

Memecat karyawan / wati bersangkutan lalu merekrut yang baru adalah membutuhkan rangkaian proses yang panjang dan biaya lebih mahal.

2. Melakukan orientasi

Beberapa perusahaan tidak menyediakan fasilitas orientasi lengkap terhadap karyawan / wati baru mereka, sebenarnya ini adalah sebuah langkah dasar di dalam membantu karyawan / wati baru untuk melakukan penyesuaikan diri dengan rekan kerja senior, manajer, perusahaan dan bidang pekerjaan yang dimaksud.

Juga perlu memperhatikan penyampaian tujuan perusahaan serta bagaimana karyawan / wati dapat mencapai gol jangka pendek maupun jangka panjang dimana seharusnya menjadi bagian dari masing – masing orientasi terhadap karyawan / wati yang baru.

Di dalamnya termasuk memberikan pengenalan yang intensif terhadap karyawan / wati sebagai salah satu tugas HRD yang wajib untuk dilakukan. Program pengenalan ini akan membimbing dan membantu karyawan / wati untuk mengenal tugas dan deskripsi pekerjaan masing – masing, fungsi departemen, dan adanya sebuah hubungan antara posisinya dengan posisi – posisi lain di dalam perusahaan bersangkutan.

Karyawan / wati baru perlu memperoleh kejelasan yang akan membantu mereka berperan aktif dalam perusahaan.

3. Memelihara kondisi kerja yang kondusif

Adalah tugas dan fungsi HRD guna menciptakan serta memelihara sebuah kondisi dan atmosfir kerja yang bersifat kondusif sehingga karyawan di dalamnya menyukai lingkungan baru di tempat kerja mereka.

Tugas dan fungsi yang dimaksud adalah memberikan motivasi terhadap karyawan dimana pada beberapa kasus banyak dijumpai karyawan tidak berkontribusi dalam pemenuhan dan pencapaian tujuan perusahaan karena kurang adanya motivasi.

4. Mengelola hubungan antar karyawan

Seperti diketahui bahwa karyawan adalah ibarat pilar perusahaan dimana di dalamnya terdapat hubungan antar karyawan merupakan rangkaian sebuah konsep yang cukup luas terhadap ruang lingkup tugas dan fungsi dari HRD. Hubungan yang ada dalam kondisi baik akan mempengaruhi sikap, kebiasaan, dan hasil kerja yang bersifat positif.

Pihak HRD harus mampu menciptakan kegiatan – kegiatan yang dapat membantu untuk mengenal karyawan menjadi lebih baik, secara pribadi maupun profesional. Merencanakan dan mendorong hubungan – hubungan yang sehat dan seimbang diantara karyawan, manajemen, dan perusahaan yang bersangkutan.

5. Pengembangan Dan Training

Adalah tugas pokok yang tidak dapat diabaikan oleh HRD. Dalam hal ini HRD bertugas tidak hanya secara langsung terlibat di dalam pengelolaan perusahaan terhadap karyawan mereka juga secara tidak langsung berperan aktif di dalam meningkatkan sumber daya manusia yang memiliki dampak terhadap kinerja perusahaan melalui edukasi dan training yang dapat meningkatkan keahlian karyawan.

Nah sebagai salah satu komponen terpenting di dalam perusahaan, HRD dapat disetarakan dengan divisi R & D / ‘Research anda Development dari sebuah perusahaan. Dengan melihat pentingnya tugas dan fungsi yang dimaksud maka sudah selayaknya jika departemen yang bersangkutan memperoleh akses dan alokasi sumber daya yang cukup memadai.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang tugas dan fungsi HRD, semoga saja bermanfaat bagi para pembaca !

Updated: Maret 6, 2019 — 9:28 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018