Informasi Kontes SEO Indonesia

Superterpercaya.com

Pengertian, Tujuan, Prinsip dan Contoh Diskriminasi

Pengertian Diskriminasi – Diskriminasi bisa diartikan sebuah pelayanan atau perlakuan yang tidak adil terhadap individu tertentu atau pembedaan perlakuan terhadap individu yang mewakilkan karakteristik tertentu, seperti : ras, warna kulit, agama, suku dsb. Dalam istilah Bahasa Arab dinamakan Tafriq, yaitu sifat tercela yang harus dihilangkan.

Istilah diskriminasi sendiri biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu tindakan yang dilakukan oleh pihak mayoritas yang dominan terhadap pihak minoritas yang lemah.

Tindakan diskriminasi bisa terjadi karena faktor dan tujuan tertentu.  Menurut seorang ahli, setidaknya ada 6 penyebab diskirminasi, yakni :

  • Mekanisme pertahanan psikologi
  • Melampiaskan kekecewaan
  • Merasa terancam dan rendah diri
  • Adanya sejarah di masa lalu
  • Persaingan dan eksploitasi
  • Corak sosialisasi

Menurut seorang ahli bernama Pettigrew, menyebutkan bahwa terdapat dua tipe diskriminasi, yaitu :

Diskriminasi langsung : terjadi saat sebuah hukum, kebijakan atau peraturan mengatakan karakteristik tertentu, seperti jenis kelamin, ras, dan lain-lain dan menghambat adanya peluang yang sama.

Diskriminasi Tidak Langsung : Terjadi saat peraturan-peraturan yang diciptakan menghalangi atau menghambat satu ras atau etnik tertentu untuk berhubungan secara bebas dengan kelompok yang lainnya

Prinsip dan Contoh Diskriminasi

Penolakan terhadap tindakan diskriminasi merupakan salah satu bagian konsep kesamarataan atau kesejajaran. Jika semua orang selaras dan mau mengakui keberagaman, maka seharusnya tidak ada lagi tindakan diskriminasi kepada orang lain. dan berikut ini adalah contoh tindakan diskriminasi :

  1. Diskriminasi gender

Contoh diskriminasi gender adalah ketika sebuah perusahaan menetapkan gaji yang lebih rendah kepada tenaga  kerja wanita daripada pria meski keduanya memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama.

  1. Diskriminasi Ras

Contoh diskriminasi ras  seperti menutup peluang atau kesempatan kerja terhadap satu ras tertentu sehingga tidak ada kesetaraan pada jenis pekerjaan tersebut.

  1. Diskriminasi agama

Contoh diskriminasi agama seperti menghambat, menutup atau menghentikan suatu kegiatan agama tertentu di suatu daerah dengan alasan mayoritas penduduk yang berada pada daerah itu memiliki agama yang berbeda.

  1. Diskriminasi Sosial

Contoh diskriminasi sosial seperti berbedanya pelayanan atau pemberian fasilitas terhadap kelas atau status seseorang. Misal, pelayanan kesehatan bagi masyarakat kaya dan masyarakat miskin atau kurang mampu.

Baca Juga :

Updated: Desember 4, 2018 — 6:48 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018