Informasi Kontes SEO Indonesia

Superterpercaya.com

Pengertian, Jenis, Dan Contoh Waralaba

Pengertian, Jenis, Dan Contoh Waralaba – Pengertian waralaba dalam Bahasa Inggris adalah ‘franchising’ dan di dalam Bahasa Perancis disebut dengan istilah ‘franchise’ yang artinya hak atau kebebasan, merupakan susunan hak – hak yang menjual suatu jasa, layanan atau produk benda tertentu.

Pengertian, Jenis, Dan Contoh Waralaba

Pengertian, Jenis, Dan Contoh Waralaba

Di Indonesia sendiri waralaba adalah suatu proses perikatan dimana salah satu pihak akan diberi hak guna memakai atau memanfaatkan sebuah karakter tertentu terhadap sebuah usaha yang dimiliki oleh pihak lainnya dengan berani membayar sebagai sebuah imbalan kepada pihak – pihak yang menjadi pemberi hak.

Pada intinya waralaba adalah suatu sistem penjualan berupa sebuah paket usaha yang bersifat ‘komprehensif’ dan siap pakai dimana di dalamnya mencakup sebuah merek dagang, material hingga pengelolaan manajemen masing – masing.

Mengenal Jenis – Jenis Waralaba

Secara garis besar jenis waralaba dibagi menjadi 2 jenis antara lain :

  1. Waralaba luar negeri / asing adalah waralaba yang berasal dari luar negeri, dimana jenis waralaba yang satu ini cenderung lebih mudah dilakukan oleh pemula sehingga banyak disukai karena mengaplikasikan sebuah sistem disertai mekanisme kerja yang lebih jelas, merek produk yang sudah terkenal dan diterima pada berbagai dunia dan lebih bergengsi. Contohnya adalah pada perusahaan – perusahaan resto cepat saji seperti McDonald’s, KFC / Kentucky Fried Chicken, Bread Talk, Starbucks, Pizza Hut dan lain sebagainya.
  2. Waralaba Dalam Negeri adalah rangkaian paket waralaba yang berasal dari dalam negeri dimana jenis waralaba ini menjadi sebuah pilihan di dalam investasi ditujukan buat orang – orang yang ingin cepat menjadi seorang pengusaha namun tidak memiliki pengetahuan mendasar tentang bidang yang akan dicoba dan kelanjutan usaha akan disediakan oleh pemilik waralaba itu sendiri. Contoh waralaba lokal adalah Alfamart, Martha Tilaar, Roti Buana, Primagama, Edward Forrer, Bogasari Baking Center, dan lain – lainnya.

Selain mengenal jenis dan contoh waralaba tersebut di atas, dianggap perlu juga mengenal tipe – tipe waralaba yaitu sebagai berikut : ‘trade name franchising’ contohnya adalah PT. Great River memiliki hak untuk khusus memproduksi pakaian dalam merek ‘Triumph’ dengan lisensi dari Jerman, ‘product distribution franchising’,  contohnya adalah kosmetik dan ‘soft drink’, dan ‘pure franchising / bisiness format’ contohnya adalah restaurant, pendidikan dan konsultan, serta fash food yang lainnya.

Baca Juga :

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang pengertian, jenis, dan contoh waralaba, semoga memberikan manfaat bagi para pembaca yang baik hati.

Updated: Desember 6, 2018 — 4:23 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018