Informasi Kontes SEO Indonesia

Superterpercaya.com

Pengertian  Dan Unsur Identitas Nasional

Pengertian  Dan Unsur Identitas Nasional – Pengertian Identitas Nasional adalah sebuah jati diri yang bersifat unik dan khas hanya dimiliki oleh suatu bangsa dimana ini tidak ada pada bangsa – bangsa lainnya.

Pengertian  Dan Unsur Identitas Nasional

Pengertian  Dan Unsur Identitas Nasional

Secara garis besar yang mengacu kepada keadaan sekelompok individu pada suatu organisasi / kelompok (negara – negara), Identitas Nasional berasal dari suku kata ‘identitu’ yang artinya tanda, ciri, dan jati diri di dalam diri seseorang atau kelompok yang membedakan mereka dengan orang – orang atau kelompok lainnya.

Sedangkan suku kata ‘nasional’ adalah identitas yang sudah melekat di dalam kelompok atau organisasi yang bersifat lebih besar berhubungan dengan kesamaan fisik, baik itu fisik terkait dengan budaya, bahasa atau pun agama atau nonfisik seperti cita – cita, tujuan dan keinginan.

Pada hakikatnya, Identitas Nasional adalah merujuk kepada kondisi sebagai sebuah bangsa dalam suatu kehidupan berbangsa dan bernegara yang terkait dengan hubungannya dengan Pancasila dan memiliki sifat – sifat ‘aktualisasi’ tercermin di dalam penataan kehidupan yaitu dalam arti luas misalnya erat hubungannya dengan aturan perundang – undangan atau moral yang mengacu kepada sifat – sifat ‘normatif’ telah diaplikasikan melalui pergaulan, baik itu yang berhubungan dengan ‘tataran nasional’ ataupun internasional dan hal – hal lain terkait satu dengan yang lainnya.

Maka dari itu terhadap nilai – nilai budaya yang terlihat dan tercermin dalam Identitas Nasional menjadi bukan hal baru lagi untuk dibahas dan diperhatikan lebih serius melainkan merupakan sesuatu yang sudah bersifat terbuka dan cenderung berlaku berkesinambungan karena didorong oleh adanya hasrat untuk menuju kepada kemajuan yang dimiliki oleh suatu masyarakat di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Mengenal Unsur – Unsur Identitas Nasional

Jika berdiskusi tentang unsur – unsur Identitas Nasional, maka akan merujuk kepada kondisi sebuah bangsa yang bersifat majemuk. Dimana kemajemukan yang dimaksud merupakan penggabungan antara unsur – unsur pembentuk Identitas Nasional yang meliputi :

  1. Adalah suku bangsa merupakan salah satu unsur pendukung terhadap pembentuk Identitas Nasional dimana di dalamnya terdapat golongan sosial yang memiliki sifat khusus dan ‘askriptif’ atau sudah ada sejak lahir / pada jaman dahulu kala, dengan menonjolkan corak sejenis terhadap golongan umur dan jenis kelamin.
  2. Agama adalah unsur pembentuk Identitas Nasional dimana Bangsa Indonesia terkenal sebagai kelompok masyarakat yang ‘agamais’ yaitu kehidupan sosial didasarkan terhadap nilai – nilai agama yang berlaku di Indonesia.
  3. Kebudayaan adalah salah satu unsur pembentuk Identitas Nasional dimana di dalamnya terdapat sumber pengetahuan untuk mengenal tentang manusia sebagai salah satu mahkluk sosial yang di dalamnya menyangkut perangkat – perangkat atau model terhadap pengetahuan yang bersifat kolektif bermanfaat sebagai pendukung guna menafsirkan dan memahami tentang lingkungan yang sedang dihadapi dan akan digunakan sebagai salah satu bahan rujukan atau pedoman untuk melakukan tindakan disesuaikan dengan lingkungan yang sedang dihadapi.
  4. Bahasa merupakan salah satu sumber dari unsur pembentuk Identitas Nasional dimana wajib dipahami sebagai salah satu sistem melambangkan hal – hal yang digambarkan secara ‘arbiter’ yaitu dibentuk atas unsur – unsur dari rangkaian bunyi dan ucapan manusia yang akan digunakan sebagai salah satu sarana untuk melakukan interaksi antar manusia.

Dari keempat unsur Identitas Nasional tersebut di atas selanjutnya bisa dirumuskan tentang pembagian masing – masing menjadi tiga unsur pembentuk Identitas Nasional adalah sebagai berikut :

  1. Unsur dari Identitas Fundamental yaitu Pancasila merupakan salah satu falsafat bangsa, dasar negara dan juga ideologi negara.
  2. Unsur dari Indentitas Instrumental adalah berisikan dan berhubungan dengan Undang – Undang Dasar 1945 termasuk di dalamnya tata perundang – undangan terkait dengan UUD 1945 dimana yang memegang peranan penting dalam hal ini adalah bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia dengan dilengkapi bendera negara Indonesia adalah Bendera Merah Putih, lambang negara Indonesia adalah Pancasila dan lagu kebangsaan Indonesia adalah Indonesia Raya.
  3. Unsur dari Identitas Alamiah yaitu mencakup negara – negara kepulauan dan berbentuk ‘pluralisme’ dalam wujud suku, bahasa, budaya, agama dan kepercayaan.

Nah, sekian pembahasan kami tentang pengertian dan unsur Identitas Nasional, semoga saja bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Pengertian Rehabilitasi dan Remisi

Updated: Februari 18, 2019 — 2:08 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018