Informasi Kontes SEO Indonesia

Superterpercaya.com

Pengertian Dan Teori – Teori Atom

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan dengan ringkas tentang pengertian dan teori – teori atom yang berhubungan dekat dengan ion dan molekul.

Pengertian Dan Teori - Teori Atom

Pengertian Dan Teori – Teori Atom

Pembahasan tentang objek ini mungkin sudah pernah anda peroleh ketika duduk di bangku sekolah SMP dahulu, nah kali ini kami akan membahas ulang untuk memudahkan mengingat kembali lalu memahaminya.

Pengertian Atom

Pengertian Teori Atom adalah satuan dasar terhadap materi yang terdiri atas bagian inti atom beserta awan ‘elektron’ bermuatan negatif yang mengelilingi inti atom.

Bagian dari inti atom adalah ‘proton’ yang memiliki muatan positif dan ‘neutron’ yang bermuatan netral kecuali pada kondisi dimana inti atom adalah inti atom hidrogen-1, maka masing – masing bagian tidak lagi mempunyai neutron.

Inti atom tersebut di atas terdiri dari elektron – elektron yang terikat menjadi satu oleh gaya yang disebut dengan istilah dalam ilmu Fisika adalah gaya ‘elektromagnetik’.

Juga ikatan atom ini dapat membentuk sebuah molekul dimana atom di dalamnya mengandung jumlah proton dan elektron yang sama – sama bersifat netral sedangkan yang lainnya mengandung jumlah proton dan elektron yang berbeda sifat yaitu sifat positif dan negatif dimana selanjutnya disebut dengan nama ‘ion’.

Banyak ditemukan teori – teori atom yang mengelompokkan zat ini berdasarkan atas jumlah proton dan neutron dimana di dalamnya mengandung inti atom.

Nah jumlah proton di dalam atom akan menentukan unsur – unsur ‘isotop’ yang berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya.

Teori – Teori Atom

1. Teori Atom John Dalton

Bunyi teori atom menurut John Dalton adalah tersebut di bawah ini :

Teori yang bersangkutan terdiri atas 2 hukum yaitu hukum ‘Prouts’ atau hukum susunan tetap dan hukum kekekalan massa atau ‘Lavoisier’ yang menjelaskan bahwa massa total terhadap zat sebelum terjadinya reaksi kimia adalah selalu sebanding dengan total zat yang dihasilkan dari reaksi tersebut.

Selanjutnya Prouts menyatakan bahwa perbandingan terhadap suatu massa unsur pada sebuah senyawa, jumlahnya selalu tetap.

Diantara semua teori yang dikenal, teori atom Dalton adalah tertua dimana diketahui bahwa beliau merupakan seorang guru dari Inggris yang berkali – kali sukses menerbitkan teori atom sejak tahun 1808.

Atom adalah kelompok / bagian terkecil terhadap suatu materi yang tak bisa lagi dibagi – bagi.

Kelebihan dari teori atom Dalton adalah mampu menjelaskan tentang hukum kombinasi kimia dimana Dalton adalah orang pertama yang menjelaskan tentang adanya perbedaan pengaplikasian antara partikel terhadap suatu unsur dengan unsur yang lainnya dari sebuah senyawa.

Sedangkan kelemahan dari teori atom Dalton adalah gagal dalam menjelaskan tentang keberadaan dari perbedaan sifat terhadap atom yang sejenis.

2. Teori Atom Thomson

Yang dimaksud dengan atom adalah bentuk berupa bola – bola yang memiliki muatan positif dengan di dalamnya terdapat elektron bermuatan negatif mengelilingi inti atom dimana muatan positif dan negatif di dalam atom yang bersangkutan memiliki besar yang sama sehingga menjadi netral.

Teori atom menurut Thomson dikenal dengan nama Teori Semangka dengan penjelasan adalah pada area sekitar daging buah Semangka adalah area yang memiliki muatan positif sedangkan yang berhubungan dengan biji – bijinya adalah elektron yang bermuatan negatif.

Kelebihan teori ini adalah mampu menjelaskan tentang adanya partikel yang berukuran lebih kecil dibandingkan dengan atom yang diberi nama ‘subatomik’, dan kelanjutannya adalah bisa menerangkan sifat – sifat listrik atom.

Baca Juga :

Sedangkan kelemahannya adalah kurang mampu menerangkan lebih jelas tentang adanya inti atom.

Demikian kami menjelaskan dengan seadanya saja semoga bermanfaat bagi para pembaca yang baik hati.

Updated: November 10, 2018 — 3:26 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018