Informasi Kontes SEO Indonesia

Superterpercaya.com

Pengertian dan Proses Glikolisis Aerobik

Pengertian dan Proses Glikolisis Aerobik – Hello!! Selamat malam , semoga pembaca beserta penulis selalu diberikan kesehatan untuk bisa terus membaca dan menambah wawasannya . kali ini kita akan membahasa sedikit tentang glikolisis aerobik , nah ada yang tau tidak apa itu  glikolisis aerobik ? tentu kebanyakan sudah tau ya , apalgi anak IPA atau biologi hehe.

Pengertian Glikolisis Aerobik

Pengertian Glikolisis aerobik adalah tahap yang pertama dari tiga tahap yang membentuk respirasi selular aerobik. Ada yang tau tidak apa itu respirasi selular ? jadi begini , respirasi selular adalah proses yang terjadi di dalam semua sel untuk melepaskan energi yang tersimpan dalam molekul glukosa. Perlu diketahui juga bahwa bentuk respirasi selular ada dua pertama aerobik dan kedua anaerobik , sederhanya yang membutuhkan oksigen dan tidak membutuhkan oksigen.

Secara harfiah glikolisis aerobik berarti membutuhkan oksigen untuk memecah , menurunkan ,glukosa. Semua organisme yang hidup di bumi tentu membutuhkan energi untuk bertahan hidup , energi yang diterima dari makanan , bisa juga dari matahari untuk tumbuhan. Dan apapun bentuk energi yang diambil oleh organisme , akan di ubah ke karbohidrat , glukosa pada khususnya. Dan selama proses respirasi selular glukosa akan di ubah menjadi karbondioksida dan air yang dengan energi yang dilepaskan ke dalam sel. Memecah molekul glukosa dinamakan dengan reaksi oksidasi, sehingga peran oksigen diperlukan untuk terus maju.

Proses Glikolisis Aerobik

Tubuh manusia pada hakikatnya takberbeda dengan sebuah mesin , mengingat serangkaian proses yang terjadi didalam nya berjalan secara terprosedur , jika mesin dalam kinerja nya membutuhkan listrik maka manusia membutuhkan makanan sebagai asupan energi. Tak salah maka mengatakan bahwa makanan adalah sumber energi bagi manusia.

Keberadaan makanan sangat bermanfaat karena terdapat sebuah zat yang berguna dan bermanfaat seperti vitamin ,lemak , protein, mineral dan karbohidrat , dan dari semua zat makanan tersebut karbohidrat lah yang menjadi sumber energi yang utama , itulah kenapa saat memproduksi makanan manusia akan memperbanyak asupan karbohidrat dibandingkan yang lain.

Pelu diketahui bahwa proses glikolisis aerobik terjadi pada bagian yang bernama sitoplasma , reaksi glikolisis aerobik ini sebenarnya mutlak dibutuhkan manusia untuk memecah glukosa dalam molekul yang kecil , dalam hal ini tentu membutuhkan oksigen. Selama ada tiga tahapan respirasi aerobik dinataranya adalah glikolisis kemudian ada siklus krebs dan transpor elektron maka selanjutnya ada hasil juga yang di dapatkan. Dalam proses tersebut nantinya akan menghasilkan 2 asam piruvat dan ada 2 lagi molekul air yang selanjutnya akan di lepas pada reaksi krebs untuk memperoleh ATP ( energi )

Pada tahapan ini sebenarnya di mulai dari pembentukan 36 ATP sebelum nantinya masuk ke dalam glikolisis aerobik , reaksi selular ini sebenarnya merupakan bagian dari reaksi kimia di dalam tubuh manusia. Glukosa sebagai bahan awal akan mengalami serangkaian reaksi dari mulai pembentukan ATP , masuk ke dalam reaksi glikolisis nantinya akan di ubah menjadi sebuah asam piruvat. Perlu diketahui juga berakhitnya proses glikolisis bukan berati berakhir juga proses respirasi karena kenapa , karena akan ada yang meneruskan serangkain prosesnya yaitu sikus krebs , dan transfer elektron , pada bagian yang paling akhirt nantinya akan menghasilkan 2 molekul air , 2 atau 3 asam piruvat , dan juga 2 ATP .

Nah dan itulah sedikit tentang pembahsan kali ini , semoga artikel sederhana ini bisa membantu kalian sedikit demi sedikit dan tentu menambah wawasan kalian semua , jangan lupa share artikel ini agar semakin banyak orang yang tau , sekian TerimaKasih.

Updated: Februari 6, 2019 — 3:38 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018