Informasi Kontes SEO Indonesia

Superterpercaya.com

Pengertian Dan Fungsi NIC

Pengertian Dan Fungsi NIC – Apakah yang dimaksud dengan NIC atau yang disebut dengan Jaringan Komputer ?

Pengertian NIC atau Jaringan Komputer adalah sebuah rangkaian sistem yang terdiri dari beberapa komputer dimana antara komputer yang satu dengan komputer lainnya saling berhubungan dalam hal berbagi sumber daya, saling melakukan komunikasi, dan masing – masing dapat mengakses informasi yang dibutuhkan.

Masing – masing bagian dari Jaringan Komputer akan meminta dan memberikan suatu layanan dimana pihak – pihak yang akan memberikan layanan disebut dengan ‘server’ dan pihak yang akan menerima layanan disebut dengan istilah ‘client’ / klien.

Untuk dapat merangkai sebuah Jaringan Komputer maka wajib terdiri dari dua buah Komputer dimana selanjutnya anda tinggal menghubungkan kedua komputer tersebut dengan memakai kabel atau ‘nirkabel’ sebagai fungsi medium. Jika anda ingin membentuk sebuah Jaringan Komputer yang lebih luas dalam hal jangkauan, maka diperlukan beberapa peralatan tambahan seperti ‘Router’, ‘Gateway’, ‘Bridge’, ‘Hub’ dan ‘Switch’.

Sejarah Dari Jaringan Komputer

Sekitar tahun 1940, di Amerika berdiri sebuah proyek yang ide awalnya berasal dari Laboratorium Bell untuk tujuan pengembangan Komputer MODEL 1.

Proyek ini pada langkah awalnya bertujuan untuk memanfaatkan sebuah perangkat Komputer agar bisa digunakan secara bersama – sama.

Perkembangan selanjutnya adalah sekitar tahun 1950, lahirlah cikal bakal Komputer yang memiliki fungsi untuk memberikan pelayanan pada beberapa terminal yang sudah disediakan.

Maka mulailah diaplikasikan konsep distribusi melalui proses yang dikenal dengan istilah TTS yaitu ‘time sharing system’ dengan mengaplikasikan Jaringan Komputer.

Pada tahun 1972, adalah Roy Tomlinson mulai mempopulerkan penggunaan email untuk aplikasi ARPANET. Pada tahun yang sama, simbol @ juga diperkenalkan kepada pemakai Jaringan Komputer yang memiliki arti ‘at’ atau ‘di’.

Selanjutnya pada tahun 1982, terciptalah TCP / ‘transmission control protocol’ yang merupakan bentuk protokol resmi diakui oleh masing – masing jaringan sebagai pelengkap Jaringan Komputer.

Komputer yang dimaksud akan membentuk rangkaian jaringan yang bertambah luas sehingga tehnik TCP bisa dibutuhkan oleh masing – masing jaringan yang dimaksud.

Sekitar tahun 1984, berhubungan dengan Jaringan Komputer, diperkenalkanlah sebuah sistem untuk penamaan domain dimana dalam Bahasa Inggris disebut ‘Domain Name System’ / DNS dan ditindak lanjuti pada tahun 1988 adalah IRC / ‘Internet Relay Chat’ berhasil diciptakan sebagai cikal bakal digunakannya aplikasi ‘Chatting’ yang saat itu disebut dengan nama ‘Yahoo Messenger’, ‘Skype’, dan bentuk lainnya yang saling berhubungan.

Pada tahun yang sama sekitar 100.000 lebih Komputer mampu membentuk Jaringan Komputer bersama – sama.

Tahun 1992, Komputer – Komputer yang berhasil membentuk Jaringan Komputer mencapai 1.000.000 dimana hingga sekarang mungkin sudah bertambah besar menjadi puluhan juta atau lebih, Komputer yang terhubung antara satu dengan lainnya.

Updated: Februari 27, 2019 — 3:31 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018