Informasi Kontes SEO Indonesia

Superterpercaya.com

Pengertian dan Contoh Fermentasi

Pengertian dan Contoh Fermentasi – Tentu kita sering mendengar narasi berikut ini. “Jangan makan makanan hasil fermentasi karena berbahaya”. Salah satu penyebabnya adalah, proses pengolahan makanan yang terlalu ekstrim. Benarkah narasi tersebut?

Pada satu sisi, argumentasi diatas adalah benar. Apalagi jika makanan ber-fermentasi dikonsumsi berlebihan. Akan tetapi, proses Fermentasi sendiri tidak selalu ekstrim. Bahkan Fermentasi dibutuhkan untuk memperkuat protein didalam makanan.

Baca Juga :

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan tentang pengertian Fermentasi. Yang mana di akhir nanti, juga kami jabarkan tentang contoh-contoh hasil Fermentasi. Utamanya yang berbentuk makanan. Semoga penjelasan ini bisa meningkatkan dialektika pemikiran kita, tentang proses kimiawi yang satu ini.

Pengertian Fermentasi

1). Pengertian Menurut Etimologi Bahasa

Fermentasi berasal dari bahasa Latin “Ferment“. Yang memiliki arti enzim. Menurut pengertian ini, Fermentasi adalah proses urai yang dialami oleh zat kompleks, untuk mengubahnya menjadi senyawa yang lebih sederhana. Dan bahan pengurainya  dilakukan oleh zat pengurai buatan energi yang disebut enzim.

2). Pengertian Menurut Para Ahli

  • Pengertian Fermentasi Menurut Jay

Jay mengatakan, Fermentasi adalah proses perubahan kimiawi, dari senyawa kompleks menjadi zat sederhana, dengan bantuan mikroba. Dari mikroba inilah, enzim pengurai zat dihasilkan. Sehingga terjadilah proses Fermentasi.

  • Pengertian Fermentasi Menurut Farnworth

Farnworth memiliki pandangan berbeda. Menurutnya, Fermentasi adalah upaya seseorang, yang secara sengaja mengubah bahan inti sebuah produk, untuk dijadikannya produk yang baru. Dengan keuntungan, produk akan memiliki daya tahan lebih kuat. Serta lebih serba guna.

  • Pengertian Fermentasi Menurut Bourgaize

Pakar Biologi ini mengatakan, Fermentasi adalah aktivitas kimiawi. Untuk mengurai sebuah senyawa di dalam unsur makanan, agar bisa dimanfaatkan untuk menciptakan produk makanan berbeda.

Contoh-contoh Fermentasi

Fermentasi tidak hanya dilakukan terhadap makanan. Tetapi juga dilakukan terhadap obat, bahkan tanaman. Akan tetapi, yang populer adalah, Fermentasi dilakukan terhadap berbagai jenis makanan. Berikut ini contoh fermentasi :

  1. Tape
  2. Keju
  3. Yogurt
  4. Tempe

Itulah pengertian Fermentasi dan contoh-contohnya. Semoga bisa meningkatkan pemahaman kita, tentang baik buruknya makanan berjenis ini. Dan pastikan, kalau makanan yang anda konsumsi setiap hari, tetap sehat dan menyehatkan.

Updated: Januari 27, 2019 — 2:08 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018