Informasi Kontes SEO Indonesia

Superterpercaya.com

Panduan Cara Budidaya Wortel

Panduan Cara Budidaya Wortel – Sangat mudah dalam budidaya tanaman Wortel, hanya ada beberapa hal penting saja yang patut mendapat perhatian khusus seperti mulai dari syarat – syarat tumbuh dari tanaman Wortel hingga tahap – tahap penanaman Wortel dengan benar.

Syarat – Syarat Tumbuh Tanaman Wortel

Baiklah, di bawah ini kami akan menjelaskan tentang beberapa syarat – syarat penting agar tanaman sayur Wortel bisa tumbuh dengan subur secara maksimal tersebut di bawah ini.

Baca Juga : Klasifikasi Tanaman Wortel

1. Curah Hujan

Syarat utama yang wajib untuk anda ketahui ketika memutuskan untuk melakukan budidaya tanaman Wortel adalah curah hujan yaitu erat berhubungan dengan ketersediaan air karena apabila jumlah air kurang maka akan menghambat terjadinya proses pertumbuhan Wortel sedangkan apabila kondisi berada dalam keadaan jumlah air terlalu berlebihan maka justru akan menyebabkan Wortel mudah terserang penyakit. Curah hujan yang pas untuk pengembangan tanaman Wortel adalah terletak pada daerah dengan iklim basah untuk curah hujan sekitar 1 s/d 3 bulan musim kering dalam setahun, pada musim basah yaitu 3 s/d 4 musim kering dalam setahun serta musim yang sangat basah yaitu mendapatkan curah hujan sekitar 0 s/d 1,5 musim kering dalam setahun.

2. Tingkat Kelembaban

Syarat tumbuh terhadap tanaman Wortel adalah terletak pada kelembaban daerah dimana apabila suatu daerah terletak pada area dengan kelembaban tinggi maka akan mengganggu proses pertumbuhan Wortel seperti Wortel menjadi lebih mudah terserang penyakit disertai proses penyerapan CO2 terganggu sehingga menyebabkan fotosintesis agak sulit untuk dilakukan. Tingkat kelembaban yang pas adalah antara 80 s/d 90 persen.

3. Kondisi Tanah

Syarat tumbuh tanaman Wortel yang ketiga adalah melihat kondisi tanah, adapun jenis tanah yang pas untuk tumbuh kembang tanaman Wortel adalah kondisi tanah ‘andosol, alluvial, dan latosol’ sering dijumpai pada daerah dataran tinggi pada suatu tempat. Kondisi tanah akan menjadi semakin baik apabila didukung oleh tingkat keasaman / pH tanah yang sesuai dengan kondisi tanah dimaksud yaitu antara 5,5 s/d 6,5 dengan tingkat kemiringan tanah rata – rata 30 % dianggap sudah bagus untuk tumbuh tunas – tunas baru dari tanaman Wortel yang sedang anda kembangkan. Perlu juga diketahui bahwa ketinggian lokasi penanaman yang tepat untuk budidaya Wortel adalah mencapai 1000 s/d 1500 dpl.

4. Keadaan Suhu

Syarat tumbuh Wortel terakhir adalah memperhatikan keadaan suhu karena suhu dalam hal ini mempunyai fungsi sebagai media untuk penunjang terjadinya proses metabolisme, transpirasi, fotosintesis, dan penyerapan air. Tingkat suhu yang sesuai dan dianggap bagus adalah kisaran antara 15 s/d 21 derajat C dimana jika suhu terlalu tinggi maka justru akan membuat rusak kualitas umbi dari Wortel menjadi lebih pendek atau kecil.

Panduan Singkat Tentang Cara Menanam Wortel 

Nah tersebut di atas adalah syarat tumbuh tanaman Wortel, selanjutnya kami akan menjelaskan tentang tahap – tahap menanam Wortel tersebut di bawah ini secara singkat antara lain :

  • Proses pemilihan bibit Wortel.
  • Proses pembenihan bibit Wortel.
  • Pengolahan lahan tanam.
  • Proses penanaman Wortel.
  • Proses perawatan tanaman Wortel.
  • Proses panen Wortel.

Demikian artikel kami yang membahas tentang panduan cara budidaya Wortel, semoga bermanfaat !

Baca Juga :

Updated: November 28, 2018 — 8:35 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018