Informasi Kontes SEO Indonesia

Superterpercaya.com

Morfologi tanaman Bunga Mawar

Morfologi Bunga Mawar terdiri atas bagian – bagian seperti akar, batang, daun, dan bunga.

1. Akar

Jenis akar pada tanaman ini adalah akar serabut berbentuk bulat memanjang dengan mempunyai warna cokelat muda bercampur cokelat tua.

Akar serabut dikenal dengan nama ‘radix adventicia’ yang memiliki fungsi untuk menjaga dan menopang tanaman agar mampu berdiri dengan tegak, untuk menyerap air di dalam tanah dan untuk menyerap unsur hara yang dibutuhkan tanaman untuk mampu tumbuh secara optimal.

2. Batang

Batang pada tanaman Bunga Mawar bentuknya tak beraturan dan memanjang disertai dengan duri – duri tajam di sekitarnya.

Batang memiliki fungsi guna menopang cabang – cabang yang banyak keluar dari batang utama, selain itu duri – duri yang terdapat mengelilingi batang adalah untuk melindungi bagian – bagian tertentu dari tanaman terhadap serangan serangga.

Panjang batang sangat beragam bergantung terhadap pertumbuhan dan perkembangan pada tanaman yang dimaksud.

3. Daun

Daun tanaman Bunga Mawar termasuk ke dalam kelompok daun majemuk dimana di dalam satu batang terdapat rata – rata 5 s/d 9 anak daun.

Bentuk daunnya oval dan kecil memanjang berukuran 2 s/d 3 Cm yang memiliki gigi – gigi tajam di sekelilingnya dimana daun – daun ini bermanfaat untuk melakukan proses fotosintesis terhadap tanaman yang dimaksud.

Beberapa jenis tanaman Bunga Mawar memiliki bentuk daun dan ukuran yang beragam contohnya adalah kelompok spesies Bunga Mawar besar mempunyai panjang daun sekitar 5 s/d 15 Cm yang dikelilingi oleh gigi di sekitarnya.

4. Bunga

Bunga Mawar memiliki bentuk mahkota bunga hampir bulat dengan lapisan lilin terdiri rata – rata 20 s/d 25 lapis bahkan lebih besar tergantung dari ukuran bunga tersebut.

Bunga Mawar termasuk ke dalam kelompok bunga majemuk dimana masing – masing mahkota bunga berkumpul dalam satu ruang yaitu tepat berada di atas benang sari dan putik.

Satuan masing – masing bunga yang nantinya akan menyusun bunga majemuk dikenal dengan nama ‘floret’. Warna mahkota Bunga Mawar beragam seperti merah, putih, kuning, merah muda, putih kuning dan lain sebagainya.

Bunga Mawar memiliki tugas sebagai penghasil biji yang berfungsi sebagai penyerbukan.

Penyerbukan terjadi pada bagian – bagian Bunga Mawar itu sendiri dimana setelah terjadi penyerbukan lalu memasuki proses pembuahan, maka Bunga Mawar akan berubah menjadi buah yang menghasilkan biji – biji bunga. Ovarium dari Bunga Mawar terletak pada bagian bawah kelopak mahkota bunga.

5. Buah

Secara garis besar warna buah dari Bunga Mawar adalah merah menyala. Namun pada jenis bunga ‘Rosa Pimpinellifolia’ mempunyai buah berwarna ungu kegelapan cenderung hitam.

Nah itulah pembahasan singkat tentang morfologi tanaman Mawar, semoga dapat menyumbangkan wawasan pengetahuan alam bagi para pembaca.

Updated: Desember 14, 2018 — 4:16 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018