Informasi Kontes SEO Indonesia

Superterpercaya.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sorghum

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sorghum – Tanaman Sorghum, atau biasa lebih dikenal sebagai jagung pati di Indonesia, memiliki manfaat yang sangat berlimpah.

Mulai dari daun, batang, biji, dan bahkan akar memiliki manfaatnya tersendiri. Daun sorghum dapat digunakan sebagai sumber pakan ternak, sementara tangkai daunnya dapat digunakan sebagai bahan kerajinan tangan dan sapu.

Batang tanaman sorghum merupakan bahan pembuat kertas. Luar biasanya, batang tanaman yang masih muda juga dapat digunakan untuk membuat sirup.

Akar sorghum dapat digunakan sebagai bahan jamu untuk memperlancar peredaran darah, sementara biji sorgum merupakan bagian yang sangat bergizi bahkan jauh melebihi beras dan jagung.

Tananam sorghum ini memiliki nama latin Sorghum bicolor L. Moench, berikut adalah klasifikasi tanaman Sorghum secara lengkap:

  • Kingdom              : Plantae
  • Divisi                      : Magnoliophyta
  • Kelas                     : Liliopsida
  • Ordo                      : Cyperales
  • Famili                    : Poaceae
  • Genus                   : Sorghum
  • Species                 : Sorghum bicolor

Morfolofi Tanaman Sorghum

Tanaman sorgum dapat tumbuh setinggi 0.5-6 m. Beberapa varietas tanaman sorghum bahkan dapat membentuk tiller (anakan). Morfologi tanaman sorghum yang pertama adalah akar. Akar tanaman sorghum adalah akar serabut. Pada ruas batang terendah di atas permukaan tanah biasanya akan tumbuh akar. Akar inilah yang dinamakan akar adventif.

Morfologi berikutnya adalah bunga sorghum. Bunga sorghum berbentuk malai dengan banyak bunga pada setiap malai yang dapat mencapai 1.500 – 4.000 bunga. Bunga sorghum akan mekar secara teratur dari 7 cabang malai teratas menuju ke bawah.

Daun sorghum memiliki bentuk yang mirip dengan daun jagung. Perbedaannya adalah daun sorghum dilapisi sejenis lilin yang agak tebal dan berwarna putih. Lapisan ini berfungsi untuk mengurangi atau menahan penguapan air dari dalam tubuh tanaman untuk resistensi kekeringan.

Batang pada tanaman sorghum merupakan rangkaian berseri dari ruas dan buku. Batangnya yang berbentuk silinder ini bisa mencapai ukutan 0.5-5.0 cm di bagian pangkal batang.

Baca Juga :

Terakhir, adalah biji sorghum yang sangat bergizi. Biji sorghum berbentuk bulat dengan masing-masing biji berukuran 4-8 mm. Warna bijinya dapat bervariasi mulai dari putih, kuning, merah, coklat, dan ungu.

Updated: Januari 30, 2019 — 6:52 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018