Informasi Kontes SEO Indonesia

Superterpercaya.com

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Hijau

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang HijauTanaman Kacang hijau atau Vigna radiata L. adalah salah satu tanaman jenis yang termasuk ke dalam famili kacang-kacangan ( Leguminosae ). Asal usul tanaman ini diperkirakan dari India dan kini penyebarannya hampir ke berbagai daerah tropis di Asia.

Bagian dari tanaman kacang hijau yang paling banyak memiliki manfaat terdapat pada bijinya. Di Indonesia sendiri, biji kacang hijau sering dijadikan olahan makan, seperti: bubur kacang hijau atau sebagai isi dari onde-onde. Sedangkan kecambahnya menjadi sayuran umum yang dikonsumsi di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara, dikenal dengan istilah Tauge.

Untuk mengenal lebih jauh tentang tanaman ini, berikut adalah Klasifikasi dan Morofologi Kacang Hijau :

Klasifikasi Ilmiah Kacang Hijau

  • Kingdom : Plantae
  • Sub Kingdom : Viridiplantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Super Divisi : Angiospermae
  • Kelas : Dicotyledonae
  • Ordo : Leguminales
  • Famili : Leguminosae
  • Genus : Vigna
  • Spesies : Vigna radiata

Morfologi Tanaman Kacang Hijau

Akar : Akar tanaman kacang hijau memiliki banyak cabang serta mempunyai bintil-bintil atau yang dikenal dengan nodula akar. Nodula akar memiliki simbiosis mutualisme antara tanaman hijau dan bakteri nitrogen yang berfungsi untuk mengikat nitrogen bebas di udara. Semakin banyak nodula yang dimiliki, semakin banyak juga kandungan nitrogen yang terikat. Sehingga mampu membantu penyuburan tanah.

Batang : Batang tanaman ini memiliki ukuran yang kecil, berbentuk bulat serta mempunyai bulu-bulu halus. Arah pertumbuhannya tegak lurus ke atas dengan ketinggian mencapai 30-110 sentimeter dan bercabang yang menyebar ke segala arah. Berwarna hijau saat masih muda dan akan berubah kecoklatan ketika sudah tua.

Daun : Daun tanaman kacang hijau adalah daun majemuk berwarna hijau, dengan bentuk oval yang lancip pada bagian bagian ujungnya. Setiap tangkai kacang hijau terdapat tiga helai anak daun.

Bunga : Bunga tanaman kacang hijau adalah daun berkelamin sempurna (hermaprodithe) dengan warna kuning yang berbentuk seperti kupu-kupu.

Buah : Tanaman ini memiliki buah berbentuk polong yang berwarna hijau ketika muda dan coklat kehitaman saat sudah tua. Panjang polongnya sekitar 6-15 sentimeter dan biasanya berbulu pendek yang berisi 10-15 butit biji.

Biji : Tanaman kacang hijau memiliki biji yang bulat, keras dan lebih kecil dari jenis kacang-kacangan lainnya. Berwarna hijau yang memiliki bobot tiap butirnya sekitar 0,5-0,8 miligram.

Updated: Januari 2, 2019 — 3:15 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018