Informasi Kontes SEO Indonesia

Superterpercaya.com

Dampak Pemberian Air Kotor Terhadap Proses Pertumbuhan Tumbuhan

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang dampak pemberian air kotor terhadap proses pertumbuhan tumbuhan.

Seperti yang kita ketahui bahwa air memiliki peranan yang sangat penting bagi seluruh kehidupan di dunia.

Tidak hanya untuk makhluk hidup yang memiliki mobilitas seperti manusia dan hewan, bahkan tumbuhan yang tidak memiliki mobilitas sekalipun membutuhkan air, baik sebagai keberlangsungan hidup maupun sebagai proses pertumbuhan.

Tentunya yang perlu digarisbawahi disini adalah ketersediaan air bersih yang digunakan dalam keberlangsungan hidup setiap makhluk, khususnya tumbuhan.

Akan tetapi, bagaimana jadinya jika tumbuhan dalam proses pertumbuhannya diberikan air kotor? Entah itu air sisa seperti deterjen atau maupun pengairan dengan kadar air yang kurang baik.

Berikut inilah dampak-dampak dari pemberian air kotor terhadap proses pertumbuhan tumbuhan :

  1. Terganggunya metabolisme pada tumbuhan

Pemberian air yang kotor tentu saja akan berdampak pada metabolisme tumbuhan. Penyerapan air kotor yang dilakukan oleh tumbuhan akan mengganggu perkembangan pada tumbuhan. Kemungkinan terburuk dari pemberian air kotor terhadap tumbuhan adalah tidak menutup kemungkinan bahwa tumbuhan akan mati.

  1. Terhambatnya proses pertumbuhan pada tumbuhan

Kemudian, ini adalah dampak yang bisa dilihat secara kasat mata. Tumbuhan yang tumbuh melalui pemberian air yang kotor, sudah tentu akan memiliki perkembangan yang jauh berbeda dengan tumbuhan yang tumbuh dengan pemberian air yang layak/bersih. Tidak hanya pertumbuhannya saja, Air kotor akan menyebabkan perubahan fisik pada tumbuhan, baik warna maupun bentuk seperti ukuran pada tumbuhan.

  1. Produktivitas yang dihasilkan oleh tumbuhan menurun

Pertumbuhan dari tumbuhan yang terhambat akibat pemberian air yang kotor, tentu saja akan mempengaruhi penurunan produktivitas pada tumbuhan. Kemungkinan terburuknya adalah tumbuhan menjadi tidak produktif atau tidak menghasilkan apa-apa akbiat pemberian air yang kotor secara terus-menerus.

  1. Tumbuhan menghasilkan panen dengan kualitas yang buruk

Ini adalah dampak yang bisa dirasakan secara langsung. Adapun untuk tumbuhan yang tetap menghasilkan panen setelah diberikan air yang kotor secara terus menerus, kualitas panen akan menjadi sangat buruk baik dari segi bentuk maupun rasa.

Baca Juga : Pengertian Ekosistem

Setelah mengetahui dampak-dampak yang akan terjadi akibat pemberian air kotor terhadap tumbuhan, alangkah lebih baiknya kita tetap menjaga kualitas tumbuhan dengan memberikan air yang layak/air bersih demi produktivitas tumbuhan yang lebih maksimal dan keberlangsungan hidup tumbuhan itu sendiri.

Updated: Januari 31, 2019 — 5:34 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018