Informasi Kontes SEO Indonesia

Superterpercaya.com

Cara Pengendalian Penyakit Dan Hama Tanaman Kacang Hijau

Cara Pengendalian Penyakit Dan Hama Tanaman Kacang Hijau – Tanaman Kacang Hijau sangat mudah untuk dibudidayakan, sama halnya dengan pengembangan jenis kacang – kacangan yang lainnya, pada tanaman Kacang Hijau akan memberikan hasil yang berkualitas jika ditanam dengan memilih benih yang berkualitas.

Panen akan menjadi berkurang bahkan kemungkinan besar akan terkena gagal panen jika tanaman Kacang Hijau terserang hama / penyakit tertentu.

Maka dari itu perlu memperhatikan tentang bagaimana cara mencegah / mengendalikan hama penyakit yang menyerang tanaman Kacang Hijau anda tersebut di bawah ini yang rentan menyerang tanaman Kacang Hijau pada saat – saat tertentu.

Penyakit Pada Tanaman Kacang Hijau

Berikut di bawah ini kami berikan beberapa jenis penyakit Kacang Hijau anda di ladang.

  • Bercak Daun

Tanaman Kacang Hijau yang terserang penyakit ini akan menunjukkan gejala – gejala bercak – bercak pada daun.

Cara pengendaliannya adalah dengan cara memangkas daun yang terlanjur terserang penyakit ini, atau melakukan penyemprotan dengan mengaplikasikan Benlate 50 WP pada tanaman Kacang Hijau yang memasuki usia 30 s/d 40 hari.

  • Karat Daun

Yang diserang oleh penyakit ini adalah pada bagian daun dengan ditandai daun yang berwarna merah terlihat seperti besi yang sedang karatan.

Untuk mencegah atau mengendalikan penyakit Karat Daun ini dilakukan dengan cara memilih lalu menanam varietas Kacang Hijau yang tahan terhadap hama dan penyakit.

  • Kudis

Tanaman Kacang Hijau yang diserang oleh penyakit ini hanya bisa dikendalikan dengan cara memilih lalu menanam varietas tanaman Kacang Hijau yang tahan dari serangan penyakit, dimana tanaman yang terlanjur terserang harus dicabut dan dibakar sehingga tak menular kepada tanaman – tanaman yang lainnya.

Bisa juga dengan cara melakukan penyemprotan dengan memakai Pestisida secara rutin dan teratur sesuai dengan aturan pada kemasan untuk tanaman Kacang Hijau yang memasuki usia 20, 30 dan 50 hari.

  • Embun Tepung

Tanaman Kacang Hijau rentan terserang penyakit yang satu ini. Pencegahan terhadap penyakit ini bisa dilakukan dengan cara memilih lalu menanam bibit atau benih Kacang Hijau yang tahan terhadap beragam jenis penyakit atau dengan cara menyemprotkan Fungisida ketika tanaman Kacang Hijau rata – rata berumur 3 minggu.

Hama Pada Tanaman Kacang Hijau

  • Lalat Kacang

Tanaman Kacang Hijau yang terlanjur terserang penyakit ini ditandai dengan munculnya bercak – bercak pada area daun yang menjadi bekas / ditinggalkan oleh hama yang bersangkutan.

Polong Kacang Hijau yang terserang oleh hama ini akan sangat mudah gugur, dan daun mudah layu atau berubah warna dari hijau menjadi kekuningan, dimana setelah tanaman Kacang Hijau rata – rata berumur 3 s/d 4 minggu maka tanaman akan mati.

Cara pengendaliannya adalah dengan memilih lalu melakukan penanaman secara serempak dan melalui cara pergiliran penanaman.

  • Ulat Jengkal

Hama jenis ini mempunyai ukuran tubuh rata – rata 2 s/d 3 Cm. berwarna hijau serta berjalan dengan cara menjengkal. Tanaman yang disukai dan terserang Ulat Jengkal adalah salah satu hama yang suka atau rentan menyerang tanaman Kacang Hijau yang sudah berusia tua. Ulat ini akan menyerang daun tanaman Kacang Hijau hingga ke bagian tulang daun.

Cara pengendaliannya adalah dengan memusnahkan telur – telur termasuk larva dari Ulat Jengkal ini.

  • Penggerek Polong

Hama Penggerek Polong rentan menyerang polong dari tanaman Kacang Hijau. Tanaman yang diserang adalah ditandai dengan polong yang berlubang – lubang atau polong habis dimakan oleh hama ini yang jika dibiarkan maka akan menyebabkan panen gagal.

Cara mencegah atau pengendalian adalah dengan penyemprotan memakai Insektisida terhadap tanaman Kacang Hijau yang terlanjur terserang hama ini.

  • Kepik Padi Hijau

Hama dengan nama ilmiah ‘Nezara Viridula’ ini dikendalikan dengan cara memilih bibit unggul lalu melakukan penanaman secara serempak. Kepik Padi Hijau mempunyai telur yang diletakkan pada bagian bawah dari daun tanaman Kacang Hijau.

Demikian kami mengulas artikel tersebut di atas tentang Cara Pengendalian Penyakit Dan Hama Tanaman Kacang Hijau, semoga bisa untuk menambah wawasan dan bermanfaat bagi para pembaca.

Updated: Januari 2, 2019 — 6:28 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018