Informasi Kontes SEO Indonesia

Superterpercaya.com

Cara Budidaya Tanaman Sorgum Untuk Pemula Terbukti Penghasilan

Cara Budidaya Tanaman Sorgum – Sorgum  merupakan tanaman serbaguna yang bisa digunakan untuk  sumber pangan, pakan ternak serta bahan baku industri.

Cara Budidaya Tanaman Sorgum Untuk Pemula Terbukti Penghasilan

Cara Budidaya Tanaman Sorgum Untuk Pemula Terbukti Penghasilan

Sorgum termasuk dari keluarga rumput-rumputan, yang masih satu keluarga dengan padi, jagung maupun gandum.

Dalam biji sorgum terdapat kandungan karborhidrat tinggi hingga bisa dimanfaatkan sebagai makanan pokok.

Tapi Dewasa ini tanaman sorgum sebagian besar di produksi untuk pakan ternak. Sorgum termasuk tanaman serealia tropis tapi juga bisa tumbuh dalam rentang iklim yang luas.

Sorgum dapat tumbuh pada semua jenis tanah dan mempunyai kemampuan untuk adaptasi yang luas.

Hanya tanah Podzolik Merah Kuning yang masam, yang tidak bisa ditumbuhi sorgum.

Tanaman ini tumbuh pada daerah yang mempunyai curah hujan dan kelembaban udara rendah dengan curah hujan 50–100 mm per bulan.

Tapi tidak menutup kemungkinan tanaman sorgum dapat tumbuh dan menghasilkan panen dengan baik pada daerah yang curah hujannya tinggi selama fase pertumbuhan hingga panen.Untuk suhu sorgum lebih sesuai ditanam di daerah yang bersuhu panas, lebih dari 20 derajat dengan udaranya kering.

Sorgum sangat cocok beradaptasi dengan daratan rendah, dengan ketinggian antara 1–500 m dpl

Pemilihan Benih

Benih sorgum di dapatkan dari biji sorgum yang sudah tua dan masak. Setelah itu dijemur beberapa hari.

Jika sudah di jemur maka simpanlah di tempat terbuka selama sekitar seminggu. Pilihan kedua jika ada gak mau ribet Anda bisa membeli benih tersebut di toko pertanian.

Persiapan Lahan

Hal pertama yang di lakukan untuk lahan adalah pembersihan lahan dari gulma-gulma, lanjutkan dengan menggemburkan tanah dengan cara membajak atau mencangkulnya dengan kedalaman 25 cm.

Lalu berikan pupuk dasar dengan menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos. Siapakan bendengan dengan ukuran 30 cm untuk lebar, 25 cm untuk tinggi untuk panjang sesuaikan dengan lahan Anda.

Jarak antar bedengan satu dengan yang lainya dibuat sekitar 25 cm.

Proses Penanaman

Buatlah lubang tanam Pada bedengan yang telah dibuat,  dengan kedalaman sekitar 5cm dan jarak antar lubang satu dengan yang lainnya sekitar 20-25 cm.

Sebelum ditanam, benih dicampur dengan insektisida karbosulfan hal ini di lakukan agar biji sorgum tidak dimakan semut dan burung. Lalu lakukan penanaman, pada setiap lubang tanam diisi dengan 2 biji benih lalau tutup kembali dengan tanah setelah itu lakukan penyiraman tapi bila jenis tanah basah tidak perlu dilakukan penyiraman tersebut.

Proses Perawatan

  • Penyulaman

perlu dilakukan ketika enih sudah mulai tumbuh hal itu dilakukan dikarenakan apabila ada bibit yang mati ataupun tidak tumbuh optimal maka secepatnya Anda  menggantinya dengan bibit yang baru.

  • Pengairan

Pengairan ini  biasanya dilakukan setelah pemberian pupuk. Pengairan dilakukan dengan cara menggenangi parit hingga penuh, dan  jika pengairan sudah rata maka buanglah  air tersebut hingga bersih. Setelah dilakukan  pemupukan ketiga, pengairan ini dilakukan 15 hari sekali.

  • Penyiangan

Penyiangan terhadap gulma perlu dilakukan sebanyak  2 kali yaitu pada saat tanaman berumur 10 dan 25 atau juga bisa dilakukan tergantung pada tumbuhnya gulma.

  • Pemupukan

Pemupukan tanaman terhadap tanaman  sorgum dilakukan sebanyak 3 kali yaitu pada saat tanaman berumur 7 setelah tanam,  21  dan 35-40.

  • Pada saat tanaman berumur 7 setelah tanam beri pupuk Urea, Phonska dan TSP.
  • Selanjutnya saat tanaman berumur 21 setelah tanam beri pupuk Urea, Phonska dan Kalium.
  • Dan yang terakhir saat tanaman berumur 35-40 setelah tanam beri pupuk ZA dan Phonska/
  1. Pemanenan

Tanamam sorgum dapat dipanen ketika berumur sekitar 90 hingga 100 hari setelah tanam ataujuga  45 hari setelah bakal biji sudah  terbentuk. Ciri sorgum yang telah  siap di panen yaitu kulit buahnya telah berubah warna dari hijau ke hitam atau merah, lalu kulit buah juga sudah pecah dan kelihatan isinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018