Informasi Kontes SEO Indonesia

Superterpercaya.com

Apa Itu Hormon Karrikin?

Apa Itu Hormon Karrikin – Pada pembahasan kali ini kita akan mempelajari tentang, apa itu Hormon Karrikin yang ada pada tumbuhan. Namun sebelum mengulik lebih jauh tentang Hormon Karrikin, mari kita mengulik, apakah maksud dari hormon pada tumbuhan itu sebenar nya?

Hormon Tumbuhan atau fiftohormon adalah sekumpulan senyawa organik bukan hara (nutrien), baik yang terbentuk secara alami maupun dibuat oleh manusia yang dalam kadar sangat kecil mampu mendorong, menghambat, atau mengubah pertumbuhan, pergerakan atau perkembangan (taksis) pada tumbuhan. Kadar kecil yang dimaksud berada pada kisaran satu milimol per liter sampai satu mikromol per liter.

Penggunaan istilah “hormon” sendiri menggunakan analogi fungsi hormon pada hewan. Namun, hormon tumbuhan tidak dihasilkan dari suatu jaringan khusus berupa kelenjar buntu (endokrin) sebagaimana hewan, tetapi dihasilkan dari jaringan non-spesifik (biasanya meristematik) yang menghasilkan zat ini apabila mendapat rangsang. Penyebaran hormon tumbuhan tidak harus melalui sistem pembuluh karena hormon tumbuhan dapat ditranslokasi melalui sitoplasma atau ruang antarsel.

Hormon tumbuhan dihasilkan sendiri oleh individu yang bersangkutan (endogen). Pemberian hormon dari luar sistem individu dapat pula dilakukan (eksogen). Pemberian secara eksogen dapat juga melibatkan bahan kimia non-alami (sintetik, tidak dibuat dari ekstraksi tumbuhan) yang menimbulkan rangsang yang serupa dengan fitohormon alami. Oleh karena itu, untuk mengakomodasi perbedaan dari hormon hewan, dipakai pula istilah zat pengatur tumbuh tumbuhan, atau dalam bahasa Inggris: plant growth regulator/substances bagi hormon tumbuhan.

Lalu, bagaimana dengan Hormon Karrikin itu sendiri, apa maksud dari Hormon Karrikin?

Pengertian Hormon Karrikin adalah sekelompok regulator pertumbuhan tanaman yang ditemukan dalam asap dari bahan tanaman yang terbakar. Hal ini dapat dibuktikan, hutan dapat terbakar karena pengaruh rangsangan pertumbuhan biji yang ada di sekeliling hutan yang mengalami kebakaran.

Senyawa yang berkaitan erat dengan hormon pada jenis karrikin ini ada beberapa jenis nya, yaitu :

  1. KAR 1
  2. KAR 2
  3. KAR 3
  4. KAR 4
  5. KAR 5
  6. KAR 6

Dan yang paling aktif pada senyawa di atas adalah KAR 1 dan KAR 4. Itulah pengertian dari Hormon Karrikin, semoga dapat membantu.

Updated: Maret 19, 2019 — 7:43 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Kontes SEO Indonesia © 2018